Cara Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis Anda

cara menentukan target market

Apakah Anda mengalami kesulitan dalam menentukan target pasar untuk bisnis Anda? Anda tidak sendiri. Banyak bisnis kecil dan menengah merasa bingung tentang bagaimana cara menentukan target pasar yang tepat.

Namun, menentukan target pasar yang tepat adalah langkah penting untuk meningkatkan penjualan dan memaksimalkan keuntungan.

Jika Anda tidak yakin tentang bagaimana menentukannya, jangan khawatir. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa langkah mudah yang bisa Anda ikuti untuk menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis Anda.

Jadi, mari kita mulai!

Pengertian & Manfaat

Target pasar atau target market adalah kelompok konsumen yang diinginkan oleh sebuah perusahaan untuk memasarkan produk atau jasa kepada mereka.

Target pasar dapat ditentukan berdasarkan faktor-faktor seperti umur, jenis kelamin, lokasi geografis, tingkat pendapatan, minat, kebiasaan belanja, dan lainnya.

Menentukan target market penting karena membantu perusahaan memfokuskan upaya pemasaran dan promosi mereka, sehingga mereka dapat mencapai kelompok konsumen yang paling mungkin tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Ini juga membantu perusahaan menghemat biaya pemasaran dan meningkatkan efisiensi, karena mereka tidak perlu mencoba menjangkau semua orang.

Selain itu juga membantu perusahaan mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kelompok konsumen yang dipilih. Ini dapat meningkatkan peluang keberhasilan produk atau jasa tersebut di pasar.

Dengan demikian, ini merupakan bagian penting dari proses perencanaan bisnis, karena membantu perusahaan menentukan bagaimana cara terbaik untuk mencapai tujuan bisnisnya.

Meningkatkan Penjualan Tanpa Perang Harga

Menentukan target pasar dapat membantu meningkatkan penjualan dengan memfokuskan upaya pemasaran dan promosi pada kelompok konsumen yang paling mungkin tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kelompok tersebut, seperti menggunakan kanal pemasaran yang sesuai dan menyajikan pesan pemasaran yang tepat.

Menentukan target pasar juga dapat membantu perusahaan mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan kelompok tersebut, yang dapat meningkatkan minat konsumen terhadap produk atau jasa tersebut dan meningkatkan penjualan.

Namun, perlu diingat bahwa menentukan target market hanya merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penjualan dan ada banyak faktor lain yang juga dapat mempengaruhi penjualan.

Menentukan target market yang tepat juga dapat membantu perusahaan mengurangi tekanan untuk terlibat dalam “perang harga” dengan pesaingnya, dengan mencoba menjual kepada kelompok konsumen yang lebih selektif dan memperhatikan kualitas dan nilai tambah dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Namun, perlu diingat bahwa perang harga tidak dapat dihindari sepenuhnya, terutama jika perusahaan beroperasi di industri yang sangat kompetitif, dan perusahaan harus terus mengikuti tren pasar dan menyesuaikan strategi bisnisnya sesuai dengan perkembangan tersebut.

Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menentukannya, di antaranya adalah:

  1. Tentukan tujuan bisnis perusahaan: Hal ini sangat penting untuk memahami apa yang ingin dicapai perusahaan melalui pemasaran produk atau jasa kepada market yang dipilih.
  2. Analisis pasar: Lakukan riset pasar untuk mengetahui informasi tentang kelompok konsumen yang potensial, seperti umur, jenis kelamin, lokasi geografis, tingkat pendapatan, minat, kebiasaan belanja, dan lainnya.
  3. Tentukan karakteristik: Buat profil konsumen ideal yang menggambarkan karakteristik-karakteristik kelompok konsumen yang ingin dijadikan target market.
  4. Tentukan ukuran target pasar: Perkirakan berapa banyak orang yang termasuk dalam kelompok target market yang telah ditentukan, dan bandingkan dengan total populasi yang ada.
  5. Evaluasi ketersediaan produk atau jasa: Pastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan dapat diakses oleh kelompok yang telah ditentukan.
  6. Monitor dan terus perbarui: Jangan ragu untuk mengubah target pasar jika diperlukan, terutama jika terjadi perubahan dalam kebutuhan atau preferensi kelompok konsumen.

Contoh Target Pasar

Berikut ini adalah contoh proses menentukannya untuk bisnis kosmetik:

  1. Tujuan bisnis perusahaan adalah menjual produk kosmetik kepada wanita usia 20-35 tahun yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia.
  2. Melakukan riset pasar untuk mengetahui informasi tentang wanita usia 20-35 tahun yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia, termasuk tingkat pendapatan, kebiasaan belanja, dan preferensi produk kosmetik.
  3. Menentukan karakteristik berdasarkan hasil riset pasar, yaitu wanita usia 20-35 tahun yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia, memiliki tingkat pendapatan menengah ke atas, suka mencoba produk-produk kosmetik terbaru, dan memperhatikan kualitas dan keamanan produk.
  4. Menghitung ukuran target market dengan menghitung jumlah wanita usia 20-35 tahun yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia, dan membandingkannya dengan total populasi wanita di Indonesia.
  5. Mengevaluasi ketersediaan produk kosmetik di kota-kota besar di Indonesia, dan memastikan bahwa produk dapat diakses oleh kelompok target pasar yang telah ditentukan.
  6. Terus memantau perubahan dalam kebutuhan dan preferensi kelompok target pasar, dan memperbarui target pasar jika diperlukan.

Setiap bisnis tentu memiliki target pasar yang berbeda-beda sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Kesimpulan Tentang Cara Menentukan Target Pasar

Menentukan target pasar dapat membantu perusahaan memfokuskan upaya pemasaran dan promosi, mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan kelompok tersebut, dan mengurangi tekanan untuk terlibat dalam “perang harga” dengan pesaingnya.

Namun, perlu diingat bahwa ini hanya merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penjualan, dan ada banyak faktor lain yang juga dapat mempengaruhi penjualan, seperti kualitas produk atau jasa, harga, promosi, dan lainnya.

Selain itu, perlu diingat bahwa perang harga tidak dapat dihindari sepenuhnya, terutama jika perusahaan beroperasi di industri yang sangat kompetitif, dan perusahaan harus terus mengikuti tren pasar dan menyesuaikan strategi bisnisnya sesuai dengan perkembangan tersebut.

Jika Anda masih merasa kurang yakin atau membutuhkan bantuan lebih lanjut, Kami menyediakan layanan konsultasi gratis selama 30 menit via zoom yang bisa Anda akses dengan klik link berikut: Konsultasi Gratis.

Kami akan senang hati membantu Anda memahami lebih dalam tentang target pasar atau target market dan cara meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Artikel Terbaru

Cara Melakukan Riset Pasar Untuk Tentukan Target Market

Cara Melakukan Riset Pasar Untuk Tentukan Target Market

Apakah Anda pernah merasa tidak yakin tentang produk atau layanan yang ingin Anda beli? Atau merasa tidak tahu apa yang harus dicari dari suatu produk? Riset pasar adalah jawabannya. Dengan mengumpulkan dan menganalisis data tentang pasar dan konsumen, riset pasar...

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Tanpa Perang Harga

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Tanpa Perang Harga

Seringkali, bisnis kecil dan menengah merasa tertekan dengan persaingan harga yang ketat di pasar. Mereka merasa harus menurunkan harga produk atau jasa untuk bisa bersaing dan meningkatkan penjualan. Namun, ada cara lain untuk meningkatkan penjualan tanpa harus...

Marketing Mix: Formula Sukses Jualan Kelas Dunia

Marketing Mix: Formula Sukses Jualan Kelas Dunia

Strategi dan taktik pemasaran tidak hanya diperlukan oleh perusahaan besar. Pelaku UKM atau jasa profesional juga memerlukan strategi pemasaran, terutama marketing mix, agar penggunaan sumber daya lebih efektif dan efisien. Strategi pemasaran adalah landasan acuan...