Pilih Laman

Riza Bahasuan, Konsultant Branding & Digital Marketer

Riza Bahasuan adalah pendiri Zalnative yang merupakan konsultan digital branding. Berfokus untuk membantu pemilik bisnis dan profesional untuk menghidupkan brand. Melalui situs web ini saya berbagi pengalaman dan pemahanan tentang strategi, kreatifitas, keahlian teknis dan komunikasi.

Sejak 2010, telah membuat ratusan desain untuk kebutuhan bisnis UKM. Dari pengalaman tersebut Riza menemukan banyak pemilik bisnis dan profesional belum memiliki strategi brand, mirisnya hanya fokus pada perang harga.

Kondisi tersebut membuat banyak bisnis baru tutup di tiga bulan pertama, bagi yang memiliki modal hanya sampai satu tahun.

Strategi brand bukan soal logo, nama atau tagline, tapi ikatan emosional antara produk dan konsumen.

Mulai 2014, Riza Bahasuan mempelajari tentang brand dan branding dari para praktisi seperti Pak Surianto Rustan, Pak Yuswohady, dan Pak Subiakto Priosoedarsono pada tahun 2016.

Sampai hari ini saya terus mengembangkan formulasi strategis untuk menghidupkan brand terutama di internet.

Jadi, Apa yang saya lakukan?

Anda bisa menghubungi saya jika ingin melakukan pengembangan atau pengubahan pada brand. Berikut layanan yang saya tawarkan saat ini:

  • Merancang strategi Brand
  • Membuat identitas visual
  • Mengembangkan website
  • Melakukan pemasaran internet

Ke-empat layanan diatas harus diambil berurutan, atau ketika Anda sudah memiliki layanan sejenis sebelumnya.

Saya tidak langsung melayani pembuatan identitas visual jika strategi brand belum beres, maka sebelumnya saya akan merancangnya terlebih dahulu.

Pengalaman Berbagi Riza Bahasuan

Saya suka berbagi, bahkan saya memiliki prinsip “ngajarin gratis, ngerjain bayar”. Saya senang hati mengajarkan ilmu apapun tanpa tarif, karena sejatinya ilmu tersebut bukan milik saya. Tapi jika dikasih, saya terima, hehe 😀

Berikut ini beberapa materi yang pernah saya berikan:

  • “UKM Branding”, Kampung Teknologi, Depok. 2016.
  • “How to Sell Brand”. KOMISI (Komunitas Sales Indonesia), Bali. 2018.
  • “Jurnalistik”. KAMMI Dewata, Bali. 2018.
  • “WordPress for Beginner”. Co-Working Space, Ubud. 2015.
  • “Jual Diri”. SMK Bina Madina, Bali. 2014.

Selain dalam bentuk workshop atau seminar, saya juga aktif berbagi di blog, email dan beberapa media sosial.

Ingin mengundang saya untuk berbagi tentang brand dan branding? silahkan hubungi.

Menurut hasil riset, 74% perusahaan di Indonesia mempercepat digitalisasi bisnis dan 2.7 Juta UMKM telah beralih ke digital. Tentunya, Zalnative sebagai digital branding agency, turut serta membantu brand go online.

Percepatan digitalisasi tersebut membuat ekosistem bisnis menjadi terbuka, siapapun bisa mengakses informasi Anda, termasuk kompetitor.

Kompetitor bisa meniru bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan konsumen, strategi harga, dll. Selain itu, informasi dari pelanggan seperti kritik atau saran bisa menyebar dengan mudah.

Tentunya kondisi tersebut tidak berlaku pada bisnis yang telah membranding produknya dengan baik.

Karena..

Brand yang bagus tidak perlu perang harga.

Brand yang bagus membuat pelanggan semakin loyal.

Grow Better With Digital Branding Agency & Consulting

Jika strategi bisnis Anda masih menggunakan perang harga atau diskon besar besaran, namun pelanggan tidak bertambah, maka ini yang harus Anda lakukan:

Evaluasi dan Tentukan Brand Positioning.

Brand Positioning adalah persepsi yang kita tanamkan ke benak pelanggan. Karena konsep tersebut akan memberikan kemudahan untuk bisnis Anda dalam menjalankan aktivitas komunikasi pemasaran. Semua pesan menjadi satu suara.

Selain Brand Positioning, kita butuh “Magic Word”, atau “Mantra”, Supaya pesan yang kita berikan masuk ke alam bawah sadar konsumen.

Cara membuat Brand Positioning dan Tagline bisa dipelajari disini.

Evaluasi dan Rancang Identitas dan Platform.

Setelah memiliki brand positioning yang benar, pastikan menggunakan Identitas dan Platform yang mendukung. Identitas adalah logo, kemasan, interior, atau jingle. Sedangkan platform digital adalah tempat Anda menjualan produk seperti website, media sosial atau marketplace.

Artikel Terkait: Cara Membuat Website.

Evaluasi dan Jalankan Aktivasi Digital.

Jika ingin menjalankan digital marketing dengan benar, maka perlu perencanaan bagaimana menggiring konsumen dari tidak tau tentang brand kita hingga menjadi advocate hingga promotor.

Maka perlu “cetak biru” proses menggiring tersebut dalah canvas bernama “Brand Experience Journey”. Dari “first bite” hingga pembelian berulang.

Pelajari starategi dan teknik digital marketing disini.

Cara Kami Membantu Anda

Sebagai Digital Branding Agency, kami membantu Anda melakukan hal tesebut dengan 2 cara. Kami memberikan pelatihan, atau kami yang mengerjakan untuk Anda.

Digital Branding Agency

Digital Branding Consultant